Sabtu, 31 Desember 2011

Gereja Salib dan Taman Doa Maria Bunda Berduka Cita Gunung Sempu


PERESMIAN Gereja dan taman doa (gua ziarah) dilakukan tanggal 20 Mei 1990 oleh Uskup Agung Semarang Mgr. Julius Darmaatmadja, SJ. Gereja dan Tempat ziarah ini dibangun untuk memfasilitasi kegiatan peribadatan umat Katolik yang berada di sekitar Gunung Sempu.

 


Gereja Salib suci ini memiliki sebuah Salib besar yang disebut sebagai symbol Salib Suci. Letaknya di Panti Novena Banyak umat yang datang untuk berdoa di dekat salib ini. Pada Salib Suci ini tidak terdapat jasad yesus yang wafat di kayu salib.Sarana utama Ziarah


Pada bagian lain di sekitar Gereja Salib suci terdapat sebuah pendopo kecil yang terdapat replika patung pieta (Bunda Maria yang bersedih mendekap tubuh Yesus yang telah diturunkan dari salib). Disekelilingya terdapat tatanan taman yang indah dengan berbagai tanaman hias. Di bawah salib dan di pendopo yang disebut gua ziarah atau Taman doa inilah para peziarah terbiasa berdoa dan mengucap syukur pada Yesus melalui perantaraan Bunda Maria Terkasih.

Alamat/Lokasi: Gereja Salib Suci, Kec. Kasihan, Kab.Bantul. Acara rutin : Novena Salib Suci (devosi kepada salib suci) setiap minggu ke 3, pkl. 10.00 wib.
Rute:
Dari Jalan Ringroad Yogyakarta masuk Pabrik Gula Madukismo kemudian ke barat sekitar 1,5 km ada jalan ke kiri menyeberangi rel ka angkutan tebu.
Kontak : Bp. Sugiharta , Ketua Wilayah Gunung Sempu - telp. 0274-381877
Paroki Hati Kudus Yesus, Pugeran - Jl. Suryaden 63, telepon 0274-372295 Yogyakarta.