Sabtu, 31 Desember 2011

Sumur Maria Kitiran Mas


LOKASI Sumur Maria Kitiran Mas berada di dalam Gereja St. Maria Assumpta di Paroki Pakem Yogyakarta, tepatnya ada di Jalan Kaliurang KM. 17, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Gereja mudah ditemukan karena terletak di jalan utama menuju Tempat Wisata Kaliurang.
 
Di dalam gereja ada 2 sumur yang berasal dari mata air yang sama. Sumur yang kecil berdiameter sekitar 20 cm. Sumur ini digali pada tahun 1985 Sumur ini sempat ditutup namun pada akhirnya dibuka kembali. Sumur Kitiran Mas ini diberkati kembali pada tanggal 14 Oktober 2001.

Dan pada tahun 2002 dibuat sumur yang lebih besar (berdiameter 70 Cm). Pembuatan sumur besar ini dikarenakan banyak peziarah yang mengambil air sumur, sumur kecil tentu tidak mampu melayani peziarah dengan cepat. Tirakatan atau berdoa bersama di depan gua tiap malam rebo pahing (kalender jawa) dengan acara Rebo Paingan.
Pada awalnya di bawah patung Bunda Maria terdapat jambangan berisi air yang diletakkan dengan tujuan agar tercipta suasana sejuk pada orang yang berdoa. Namun banyak umat meminum air tersebut setelah berdoa sehingga menjadi suatu kebiasaan untuk meminum air tersebut setelah berdoa. Ada beberapa orang yang mengalami mukjizat kesembuhan setelah meminum air itu.