Senin, 05 Desember 2011

Gua Maria Bukit Kanada di Rangkasbitung, BANTEN


Gua Maria Bukit Kanada terletak di Rangkasbitung, propinsi Banten. Nama KANADA merupakan kependekan dari kampung/desa lokasi gua Maria ini terletak, yaitu : KAmpung NArimbang DAlam
        Gua maria ini dikembangkan oleh umat Paroki Rangkasbitung di era 1988 dengan dukungan dari impinan Kongregasi Suster-suster Fransiscan Sukabumi di Rangkasbitung. Berawal dari tanah dilingkungan SPK Misi Lebak Rangkasbitung yang dianggap memenuhi syarat sebagai Gua Maria. Pada tanggal 1 Mei 1988 Pastor Paroki meletakan batu pertama sebagai langkah awal pembangunan Gua Maria. Pembangunan Gua Maria itu selesai tepat pada tanggal 15 Agustus 1988, yaitu Hari Raya Maria diangkat ke Surga, bertepatan dengan penutupan Tahun Maria.
     Gua Maria ini lalu diberkati oleh Mgr. Ign. Harsono, Pr. Gua ini merupakan tempat ziarah pertama di tanah Banten. Gua Maria ini menjadi satu dengan Akademi Keperawatan (Akper) Yatna Yuana Rangkasbitung. Gedung Akper terletak di bagian depan dan tanah dibagian belakang dibangun gua Maria. Jika anda bertanya ke orang sekitar tidak ada yang tahu dimana gua Maria akan tetapi jika bertanya tentang SPK Misi atau Akper mereka akan menunjukan jalan. Jadi dari jalan raya Rangkasbitung (dari Ciujung) langsung ke jalan Soetami lalu ke Sudirman (tidak perlu masuk ke kota Rangkasbitung). Kalau anda punya GPS tinggal di set saja lokasinya: S6°21'4.6" E106°16'12.3".
     Nama Akper Yatna Yuana terpampang jelas dipinggir jalan Sudirman tersebut, tidak jauh dari pintu masuk ada petunjuk sebelah kiri ke Gua Maria. Disebelah kanan merupakan rute jalan salib. Tempat parkirnya cukup besar, dari tempat parkir anda bisa langsung menuju ke gua Maria. Gua Marianya cukup unik dengan dekorasi batu karang, keunikan tambahan adalah ada pintu kecil disamping gua Maria yang menuju ruang kecil untuk berdoa pribadi, nah dari ruang tersebut patung Maria akan tampak dari samping lewat lubang di temboknya. Gereja ada di sebelah Gua Maria. Gereja ini sangat sederhana, beratap daun rumbia dan memiliki dinding di satu sisi di belakang altar. Itu pun hanya selebar altar, selebihnya hanya batu kali penahan tanah di belakang Gereja yang menjadi dinding. Umat mengikuti Misa dengan duduk di lantai.

        Pelataran didepan gua Maria cukup besar, juga pelataran disampingnya yang bisa dipakai untuk berbagai upacara gereja. Di pelataran luar tersedia beberapa tempat istirahat berbentuk saung-saung kecil yang cukup nyaman untuk tempat berteduh. Lokasi jalan Salib ada dijalan samping gedung Akper, jalan Salibnya memutar komplek Akper. Banyak pohon rindang dan dikelilingi hutan kecil yang masih luas. Jalan tanahnya lumayan panjang dengan setiap perhentian jalan Salib yang cukup lapang. Perhentian ke 12 diletakan pada lokasi lebih tinggi dengan perlataran yang cukup besar. Sedang dari perhentian terakhir anda bisa turun tangga langsung menuju ke gua Maria.
[Disadur dari: www.guamaria.com, gambar diambil dari guamaria.com dan google image search.( http://ziarah-santa-maria.blogspot.com ) 2011]

Data lokasi dan informasi lebih lanjut:
GUA MARIA BUKIT KANADA, RANGKASBITUNG

Alamat: Di dalam lokasi Akademi Keperawatan (akper) Yatna Yuana (dikelola oleh SPK RS Misi), Jl. Jend. Sudirman Km.2 (arah jl. Raya Cipanas)  ds. Jatimulya, Narimbang, Rangkasbitung - Banten. Telp: (252) 201652
Informasi, hubungi:
Paroki Santa Maria Tak Bernoda - Jl. Multatuli, Rangkasbitung.
Koordinat GPS : S6° 21' 04.6" E106° 16' 12.3"