Kamis, 29 Desember 2011

Gua Maria Jatiningrum


TEMPAT ZIARAH ini berada di desa Curahjati, Kecamatan Purwoharjo, tidak jauh dari Pantai Wisata Grajagan Banyuwangi. Gua Maria Jatiningrum adalah tempat ideal untuk meditasi sebagai sarana berdevosi dan penghormatan kepada Bunda Maria. 
 
Peresmian gua ini dilakukan pada tanggal 15 Agustus 1956 oleh Uskup Malang, Mgr. AEJ Albers Ocarm. Pada waktu awalnya nama gua ini adalah Gua Maria Waluyaning Tiyang Sakit. Sebelum akhirnya tahun 1995 berganti nama menjadi Gua Maria Jatiningrum.

Gua Maria ini telah renovasi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi peziarah seperti: pendopo, sanggar, jalan salib, serta penataan lingkungan yang asri dan nyaman untuk berdoa. Tempat ini selalu ramai dikunjungi peziarah, terutama pada setiap Kamis malam Jum'at Kliwon dalam acara Misa Kudus pada pukul 24.00 tengah malam.

Tempat ziarah ini ramai dikunjungi peziarah Katolik sekitar lokasi dan juga dari luar kota. Tidak jarang juga dikunjungi oleh peziarah yang bukan dari umat beragama Katolik. Lokasi gua ini sangat strategis. Dikatakan demikian, karena gua Maria berdekatan dengan tempat wisata di Banyuwangi lainnya. Lokasi wisata yang dekat dengan Gua Maria Jatiningrum antara lain: Pantai Grajagan, Pantai Plengkung, dan pusat ikan Muncar. 

GUA MARIA JATININGRUM

Alamat/Lokasi: Curah Jati (45 km dari Banyuwangi) - Grajagan - Banyuwangi.
Kontak : Paroki Ratu Para Rasul, Desa Grajagan Kec. Purwoharjo Kab. Banyuwangi Pos Purwoharjo 68483, Tlp (0333) 7721547, Faks (0333) 5599055