Selasa, 20 Desember 2011

Gua Maria Kerep - Ambarawa

SEJARAH BERDIRINYA: Gua Maria Kerep (GMK) Ambarawa berdiri pada tahun 1954. Pada tahun itu Sri Paus menyatakannya sebagai Tahun Maria untuk mengenang 100 tahun usia dogma : Maria Terkandung Tanpa Noda.

Alkisah di desa Kerep, Ambarawa terdapat rumah dan tanah milik Vikariat Semarang yang diperuntukkan bagi Kongregasi Bruder Apostolik ( Kerasulan ). Atas ijin dari Mgr. Albertus Soegijapranata, S. J., Vikaris Apostolik Semarang, dijadikan tempat pejiarahan meniru Gua Maria Lourdes. Menurut sebuah sumber tulisan Romo L. Koersen SJ. dalam majalah St. Claverbond edisi Mei 1954 dikatakan, “Bruder Vincentio menggerakkan para murid Tionghoa untuk menggali batu dari kali Panjang, kemudian batu – batu itu diangkut secara estafet ke lokasi tempat gua didirikan.

Menurut saksi mata Bpk. B. Tjiptosutedjo penentuan tempat Gua Maria tersebut ditetapkan oleh Romo Koersen SJ ( direktur Konggregasi Bruder Apostolik Semarang ). Dikatakan pula bahwa anak – anak asrama SGB Ambarawa dipimpin guru mereka mengumpulkan batu – batu dari sungai Panjang. 

Setelah selesai pembangunannya maka Gua Maria Kerep beserta patung Maria Lourdes diresmikan dan diberkati oleh Mgr. A. Soegijapranata SJ. dalam suatu upacara yang meriah pada tanggal 15 Agustus 1954, hari raya Santa Perawan Maria diangkat ke surga. Upacara diawali dengan prosesi dari gereja Ambarawa menuju ke lokasi gua Kerep yang dilanjutkan dengan Misa pemberkatan, Astuti, dan pentahtaan Sakramen Mahakudus. Di dalam kompleks GMK juga terdapat makam keluarga R.A. Maria Soelastri Soejadi. Makam tersebut sudah ada sejak sebelum tempat pejiarahan didirikan
.
FASILITAS: Fasilitas yang utama adalah kompleks Gua Maria sendiri beserta perlengkapannya untuk berjiarah yang terbuka 24 jam. Di situ pejiarah dapat mengadakan ibadat jalan salib. Ada dua rute jalan salib. Yang pertama rute panjang yaitu diawali Stasi I di gereja St. Yusup Ambarawa dilanjutkan dengan stasi – stasi berikutnya melalui jalan – jalan desa sampai dengan Stasi XIV yang terletak di dekat Gua Maria. Yang kedua rute pendek dimana keempat belas stasi berada di dalam kompleks GMK.

Di depan Gua Maria itu terdapat plaza yang cukup luas dapat memuat sekitar 5.000 orang untuk berkumpul dan berdoa menghadap ke patung Bunda Maria Di dalam kompleks GMK juga ada gedung dua lantai ( Gedung Transit ) yang di dalamnya tersedia ruang pertemuan yang dapat menampung sekitar 80 orang, terletak di lantai II yang dapat dipakai misalnya untuk kegiatan pendalaman iman, diskusi, rekoleksi bahkan retret atau pertemuan – pertemuan lainnya. Di dalamnya tersedia pula dua ruang terpisah untuk menginap (untuk putra dan putri) dengan menggelar kasur / karpet. Untuk penggunaannya hanya dipungut dana listrik dan kebersihan sekadarnya.

Fasilitas serupa juga terdapat di area parkir berupa situs camping ground dengan sebuah tempat pertemuan Rumah Kaca. Pemanfaatan fasilitas terakhir ini diserahkan sepenuhnya kepada K3AS (Karya Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang) Kevikepan Semarang.

Di dalam kompleks GMK terdapat gedung Serbaguna yang bisa memuat sekitar 300 orang, misalnya untuk kegiatan ceramah, diskusi, penataran, pemutaran film dan lain – lain dengan duduk lesehan di karpet. Sejak tahun 1996 di gedung tersebut hampir selalu diputarkan di film – film rohani pada setiap malam minggu II menjelang hari novena. Kegiatan tersebut dapat dipesan dengan menghubungi manager GMK yaitu Bp. J. Sukarjo d.a. Gua Maria Kerep Ambarawa, Desa Kerep 50164 atau Telp. (0298) 593085.
Sumber tulisan disadur dari : guamariakerep.org

Rute Perjalanan Menuju Gua Maria Kerep – Ambarawa

GUA MARIA KEREP AMBARAWA

KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG
Alamat: Paroki St. Yusuf Ambarawa Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa 50614, Telp (0298) 592085
Atau hubungi Susteran Marsudirini, Telp (0298) 591036

Sekretariat Semarang
Kantor Pelayanan Pastoral Keuskupan Agung Semarang
Jl. Imam Bonjol 172, Telp (024) 8312276 (hunting)
Fax (024) 8414741

Sekretariat Ambarawa
Jl. Mgr Soegijapranata 56, Telp (0298) 591028
Fax (0298) 596344
sekretariat_amb@guamariakerep.org

Koordinat GPS: S7°15'17.2" E110°23'56.9" Akses jalan: S7°15' 37.3' E110°24' 0.5'