Minggu, 18 Desember 2011

Gua Maria Kaliori-KALIORI

TEMPAT ZIARAH ini terletak di desa Kaliori kecamatan Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Pembangunan dimulai pada tanggal 15 Agustus 1989 dengan ditandai Peletakan Batu Pertama oleh Uskup Purwokerto Mgr. P. S. Hardjasoemarta MSC.
Gua ini dibangun di atas bukit kecil yang sebelumnya tandus dan kemudian diubah menjadi bukit yang hijau dan segar, yang menawarkan pemandangan alam yang segar bagi lingkungan sekitarnya. Gua ini terletak di komplek peziarahan seluas 5,6 hektar dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas doa.
Suatu peristiwa bersejarah bagi Gua Maria Kaliori dimulai pada tanggal 10 Oktober 1989, dimana di dalam Misa Agung di Yogyakarta, Bapa Suci Yohanes Paulus II berkenan memberkati Patung Bunda Maria dan menandatangani Prasasti Gua Maria Kaliori, selanjutnya pada tanggal 8 Desember 1989 Gua Maria Kaliori diberkati dan diresmikan penggunaannya.

Semenjak itu pembangunan tempat ziarah umat Katolik tersebut berlanjut terus. Berbagai fasilitas, seperti : Kapel Ratu Surga, Jalan Salib, Taman Rosario Hidup, Pendopo bagi para peziarah, dan yang terakhir dibangun adalah Rumah Retret Maria Immaculata, dengan kapasitas 150 orang sekarang sudah tersedia bagi peziarah sehingga Gua Maria Kaliori menjadi salah satu tempat ziarah yang terlengkap di Indonesia.

Dalam rangka pengembangan lokasi tempat ziarah ini, maka Keuskupan Purwokerto menyerahkan pengelolaan Gua Maria Kaliori kepada Konggregasi Oblat Maria Immaculata (OMI) yang memiliki kharisma di dalam pengelolaan Gua Maria di berbagai negara di dunia.
Sumber: dirangkum dari http://id.wikipedia.org/wiki/Gua_Maria_Kaliori

GUA MARIA KALIORI
Alamat: Kaliori, 20 km Purwokerto arah Banyumas; informasi : Sekretariat - telepon 0281 632479 - 796242 atau Gereja Katedral Purwokerto, Jl. Gereja no.3, telepon 0281 637052.

Rute I:
1. Jakarta/Bandung - Wangon - Buntu - Gombong/Yogyakarta : Dari arah Bandung, sampai di pertigaan Buntu belok ke kiri menuju Purwokerto melewati Banyumas dan Sokaraja, setelah melewati Sungai Serayu di antara jalan berkelok-kelok di sebelah kanan ada papan nama besar Goa Maria Kaliori.
2. Jakarta - Purwokerto - Gombong/Yogyakarta : Dari arah Purwokerto setelah melewati Sokaraja (terkenal dengan getuknya) dan setelah pabrik Gula Kalibagor, di sebelah kiri ada ada papan nama besar Goa Maria Kaliori.

Atau,
Rute II:

1. Dari JAKARTA/CIREBON melewati kota Purwokerto ke arah Kota BANYUMAS, melewati SOKARAJA, lalu belok ke kanan, dan sampailah di Kaliori, lalu belok ke kiri melewati perbukitan untuk sampai ke Gua Maria Kaliori.
2. Dari SEMARANG lewat WONOSOBO, PURBALINGGA, lalu ke arah kota BANYUMAS, lalu seterusnya sama seperti di atas.
3. Dari YOGYAKARTA, melewati KEBUMEN, lalu ke BUNTU, belok ke kanan melewati kota BANYUMAS, sebelum SOKARAJA, sudah sampai di Kaliori.

Penginapan & akomodasi: Rumah retret Maria Immaculata

Koordinat GPS : S7°29'43" E109°18'15" Akses jalan : S7°29'46.2" E109°18'2.1"