Selasa, 06 Desember 2011

Mengenal Kitab Suci Katolik (2)

Apa itu Perjanjian Lama?

PERJANJIAN LAMA, atau KITAB-KITAB YAHUDI, merupakan tulisan tentang hubungan Tuhan dengan Israel, "bangsa pilihan". Ditulis antara tahun 900 SM hingga 160 SM.
Ke-46 kitab dalam Perjanjian Lama dapat dibagi dalam empat bagian:
  • 5 Kitab Pentateukh,
  • 16 Kitab Sejarah,
  • 7 Kitab Puitis dan Hikmat,
  • serta 18 Kitab Para Nabi.

Sebagian besar Perjanjian Lama dipengaruhi oleh literatur negara-negara tetangga Israel di Timur Tengah. Untuk menceritakan kisah-kisah mereka sendiri, bangsa Israel meminjam kebudayaan bangsa-bangsa sekitarnya serta meniru bentuk­bentuk literatur mereka.

Apa itu Pentateukh?
PENTATEUKH adalah kelima kitab pertama dalam Perjanjian Lama, yaitu:
5 Kitab Pentateukh:
No.
Nama kitab
Singkatan
1
Kejadian
Kej
2
Keluaran
Kel
3
Imamat
Im
4
Bilangan
Bil
5
Ulangan
Ul

Banyak kisah-kisah Kitab Suci yang terkenal ditemukan dalam kitab-kitab Pentateukh termasuk kisah penciptaan, Adam dan Hawa, bahtera Nuh serta kisah-kisah lain tentang asal-mula bangsa Israel dan pelarian mereka di bawah pimpinan Musa dari perbudakan Mesir.
Sepuluh Perintah Allah dan hukum-hukum lainnya menyangkut hidup dan ibadat bangsa Israel juga didapati dalam Kitab Pentateukh. Oleh sebab itu, Kitab Pentateukh disebut juga Kitab Hukum atau Kitab Taurat.

Apa itu Kitab Sejarah?
KITAB SEJARAH berisi kisah tentang Sejarah bangsa Israel serta campur tangan Allah dalam seiarah mereka.
16 Kitab Sejarah:
No.
Nama kitab
Singkatan
1
Yosua
Yos
2
Hakim-hakim
Hak
3
Rut
Rut
4
1 Samuel
1 Sam
5
2 Samuel
2 Sam
6
1 Raja-raja      
1 Raj
7
2 Raja-raja
2 Raj
8
1 Tawarikh
1 Taw
9
2 Tawarikh
2 Taw
10
Ezra
Ezr
11
Nehemia
Neh
12
Tobit
Tob
13
Yudit
Ydt
14
Ester
Est
15
1 Makabe
1 Mak
16
2 Makabe
2 Mak


Kisah-kisah tentang para tokoh terkenal, baik pria maupun wanita, dalam sejarah Israel dapat ditemukan dalam kitab-kitab ini, termasuk tentang Raja Daud dan Raja Salomo, juga Debora, Yudit, Ratu Ester. Kitab-kitab Sejarah mengungkapkan suatu pola hubungan yang menarik antara Tuhan dengan Bangsa Pilihan-Nya. Apabila mereka setia pada Tuhan dan pada hukum-hukum-Nya, maka hidup mereka sejahtera dan Tuhan melindungimereka dari para musuh. Tetapi, apabila mereka menyembah allah-allah lain dan hidup penuh cela di hadapan Tuhan, dengan kata lain mengatakan kepada-Nya, "Kami tidak membutuhkan Engkau," maka bencana datang susul-menyusul menimpa mereka.

Apa itu Kitab Puitis dan Hikmat?
ADA TUJUH KITAB PUITIS DAN HIKMAT yang agak berbeda dalam gaya literatur serta. isinya. Termasuk di dalamnya adalah Mazmur, yaitu doa-doa yang ditulis dalam bentuk puitis. Terdapat kitab-kitab tentang bagaimana mencapai hidup bahagia, seperti Amsal dan Putera Sirakh. Kidung Agung, salah satu puisi cinta paling sensual yang pernah ditulis, menggambarkan kasih mesra Tuhan yang begitu besar bagi umat-Nya.

7 Kitab Puitis dan Hikmat:
No.
Nama kitab
Singkatan
1
Ayub
Ayb
2
Mazmur
Mzm
3
Amsal
Ams
4
Pengkotbah
Pkh
5
Kidung Agung
Kid
6
Kebijaksanaan Salomo
Keb
7
Putera Sirakh
Sir

Apa itu Kitab Para Nabi?
KITAB PARA NABI berisi tulisan-tulisan para nabi besar Israel. Peran para nabi adalah menjaga agar Bangsa Terpilih tetap setia pada perjanjian yang telah mereka buat dengan Tuhan dan membawa mereka kembali apabila mereka menyimpang dari Tuhan. Tulisan-tulisan yang amat berpengaruh ini menggambarkan dengan jelas ganjaran jika mereka setia dan hukuman jika mereka tidak setia. Di samping itu, secara misterius, kitab-kitab para nabi menubuatkan kedatangan Sang Mesias dan memberikan gambaran tentang-Nya. Kelahiran Yesus di Betlehem dari seorang perawan, pewartaan-Nya bagi mereka yang sakit, miskin, dan tertindas, juga wafat-Nya yang ngeri, semuanya telah dinubuatkan dalam kitab-kitab para nabi.

18 Kitab Para Nabi:
No.
Nama kitab
Singkatan
1
Yesaya
Yes
2
Yeremia
Yer
3
Ratapan
Rat
4
Barukh
Bar
5
Yehezkiel
Yeh
6
Daniel
Dan
7
Hosea
Yl
8
Yoel
Hos
9
Amos
Am
10
Obaja
Ob
11
Yunus
Yun
12
Mikha
Mi
13
Nahum
Nah
14
Habakuk
Hab
15
Zefanya
Zef
16
Hagai
Hag
17
Zakharia
Za
18
Maleakhi
Mal

Apakah Deuterokanonika itu?
DEUTEROKANONIKA (deuterokanonika: kanon yang kedua), merupakan Kitab-kitab Perjanjian Lama yang diakui oleh Gereja Katolik tetapi tidak diakui oleh Gereja Protestan di tempatkan di bagian antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Gereja Protestan menyebutnya dengan istilah Apokrip (apokrip : buku-buku keagamaan yang baik untuk dibaca tetapi tidak diilhami Roh Kudus).
Kitab yang termasuk Deuterokanonika:
  • Tobit
  • Yudit
  • Tambahan-tambahan pada Kitab Ester
  • Kebijaksanaan Salomo
  • Yesus bin Sirakh
  • Barukh
  • Surat dari Nabi Yeremia
  • Tambaha-tambahan pada Kitab Daniel
  • Kitab Makabe I
  • Kitab Makabe II