Jumat, 13 Januari 2012

Gua Maria Bunda Penolong - Riau

GUA MARIA  ini terletak dekat lokasi wisata bahari pantai Trikora di kabupaten Bintan, kepulauan Riau. Pantai wisata Trikora terletak di Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, sekitar 45 kilometer dari Kota Tanjung Pinang. Saat ini jalan sudah beraspal baik, tetapi sayang angkutan umum ke sana belum ada. Untuk mencapai pantai itu harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Waktu tempuhnya kira-kra 1-1,5 jam dari Tanjung Pinang.

Gua Maria Bunda Penolong yang terletak di Teluk Dalam. Letaknya yang dekat dengan pantai Trikora ini menjadi tujuan yang baik bagi peziarah yang ingin melakukan ziarek (ziarah sambil rekreasi). 

Lokasi gua Maria ini sedang dikembangkan untuk mengakomodasi para peziarah yang ingin berdoa dan berdevosi. Mulanya di tempat ini sangat minim dengan fasilitas, bahkan akses jalanpun belum memadai. Peresmian Gua Maria ini dilakaukan tanggal 22 April 2001, Mgr. Hilarius Moa Nurak SVD.

 
Berdasarkan sumber yang didapat dari http://trikorachurch.files.wordpress.com/, Lokasi Gua Maria ini sedang dibangun dan diperluas. Berbagai fasilitas seperti lahan parkir, gerai komersil (pasar seni, warung, restoran), kapel, dan ruang konvensi (pertemuan) yang ditata rapi dan asri sehingga pengunjung lebih leluasa berziarah di Gua Maria Bunda Penolong. Jalur Jalan Salib dirancang dengan pola rute zig-zag dan berakhir di dekat taman doa (Gua Maria). Tata letak Gua Maria, yang menjadi pusat berkumpulnya para peziarah, didesain dengan model taman doa.  Disain perluasan dan pembanguan gua dirancang oleh arsitek Andre Sudibyo, ST.


INFORMASI GUA MARIA BUNDA PENOLONG
Alamat/Lokasi: Teluk Dalam - Pantai Trikora (49 km dari Tanjung Pinang), Kab. Bintan, Kep. Riau.
Kontak: Paroki Hati St. Perawan Maria Yang Tak Bernoda, Jl. Diponegoro 12, telpon 0771 21386 / 20096, Tanjung Pinang.