Senin, 12 Maret 2012

GUA MARIA KANAAN, BATU RUSA – KABUPATEN BANGKA

TEMPAT ZIARAH Gua Maria Kanaan terletak di halaman belakang Gereja Katolik Santo Yohanes Pembabtis, Batu Rusa. Letaknya lebih kurang 19 km dari Kota Propinsi, Pangkalpinang. Gereja Katolik ini terletak di jalan utama Pangkalpinang ke Sungailiat. 
Pembangunan Gua Maria Kanaan di Gereja Katolik Santo Yohanes Pembabtis Baturusa bertujuan memberikan sarana umat dalam memuliakan Tuhan Allah dengan melalui devosi kepada Bunda Maria. Tingginya devosi umat terhadap Bunda Maria. Umat katolik di Baturusa didasari sikap umat yang menyakini bahwa penyertaan Bunda Maria dalam kehidupan menggereja telah memberi semangat bagi kemajuan hidup menggereja.

Gerbang masuk ke dalam Gua Maria ini berbentuk salib dan terletak di sebelah kanan Gereja bila dilihat dari luar. itu tempat untuk meletakan lilin. Di sebelah kiri gerbang disediakan lilin bagi para peziarah yang ingin berdoa di depan Bunda Maria di dalam gua.

Devosi ini telah dilakukan sejak tahun 1979. Wujud devosi pun pernah dilakukan dengan berjalan kaki dari Baturusa menuju Pangkalpinang, selama 8 tahun. Dengan doa dan harapan umat untuk bisa mempunyai tempat untuk berdevosi.

Akhirnya, Pada hari Minggu, Tanggal 26 Juni 2011 Gua Maria Kanaan di Batu Rusa diresmikan oleh Uskup Pangkalpinang, Mgr Hilarius Moa Nurak SVD. Peresmian berlangsung bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-25 Stasi Yohanes Pembaptis.

Nama ‘Kanaan’ terinspirasi dari peristiwan pernikahan di sebuah keluarga Kanaan dalam Kitab Suci. Suatu pertanda bagaimana peran Bunda Maria membantu keluarga yang kehabisan anggur kala pesta dengan meminta berkat kuasa pertolongan Yesus Kristus yang mengubah air menjadi anggur. Gua Maria ini diharapkan menjadi pelindung keluarga dan juga sebagai tempat untuk memuliakan sekaligus menyampaikan permohonan kepada Yesus Kristus lewat perantaraan Bunda Maria.

Diolah dari:

INFORMASI

Alamat/Lokasi:
Gereja Katolik Santo Yohanes Pembaptis, Jl Depati Amir, Kelurahan Baturusa, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.