Sabtu, 17 Desember 2011

Gua Maria Ratu Damai - SERPONG


DI PINGGIRAN KOTA metropolitan Jakarta, di suatu tempat yang agak tersembunyi, dalam arti jauh dari hiruk pikuknya suara kendaraan dan keramaian, terdapat lokasi yang berterasering (berundak-undak).

 
Dimana terdengar suara gemericik air dari aliran sungai dilingkungi dengan tatanan asri taman berisi berbagai tumbuhan tempat kita bisa menikmati suasana doa yang khusuk dan hening, ya, kita bisa ber Ibadat Jalan Salib dan berdoa di Gua Maria Ratu Damai yang tanggal 16 September 2006 diberkati oleh Pastor Julianus Puryanto, SCJ. Area ini termasuk dalam wilayah Paroki St. Barnabas Rasul - Pamulang, Dekenat Tangerang, Keuskupan Agung Jakarta. Patung Bunda Maria dipahat dari batu alam oleh seniman dari Muntilan Jawa Tengah.
Gua Maria Ratu Damai berada dalam kawasan yang dikelola oleh Yayasan Bina Bhakti. Panti Werdha Bina Bhakti ini diselenggarakan mulai September 1986 yang dipimpin oleh Sr.Rina Ruigok, BKK dibantu oleh Sr.Regina, BKK (BKK = Biarawati Karya Kesehatan) dengan kapasitas 60 orang, tetapi dalam kenyataannya selalu dihuni 65-70 orang.

Lokasi ini relatif mudah dicapai dari berbagai arah yaitu, jalan raya Parung Bogor atau Jalan Tol Jakarta Merak (keluar di BSD ~ Bumi Serpong Damai) atau jalan tol JORR - Serpong (keluar BSD). Kita menuju Taman Tekno Serpong, Kampus ITI dan Perumahan Puri Serpong II. Jalan masuknya dekat papan nama perumahan Bukit Dago yang diportal, sehingga bila akan datang menggunakan bis besar sebaiknya berkoordinasi terlebih dahulu dengan team pengelola.

Selain itu, di kawasan Bina Bhakti ini terdapat juga Kapel yang dilengkapi perhentian Ibadat Jalan Salib dan Gua Maria. Untuk rombongan peziarah yang ingin merayakan ekaristi, sebaiknya 1 bulan sebelumnya memberitahukan kepada team pengelola sehingga bisa dicarikan pastor untuk memimpin Misa.
[Sumber, diambil dari: guamaria.com]

GUA MARIA RATU DAMAI, SERPONG
Alamat: YAYASAN BINA BHAKTI, Kp. Curug Rt 02/Rw 01, Desa Babakan, Serpong - Tangerang 15315, telpon 021-7566439.