Kamis, 29 Desember 2011

Gua Maria Sendang Purwaningsih


PAROKI Ratu Damai Purworejo di ujung selatan Malang memiliki tempat ziarah. Yaitu Gua Maria Sendang Purwaningsih. Sumber air gua ini berasal dari “Sendang Purwaningsih”. 

 

Letaknya di desa Purworejo, kira-kira 2 km ke Utara dari Gereja Paroki. Tepatnya di Kec.Donomulyo, Kab. Malang. Gua ini dekat lokasi wisata Pantai Ngliyep sekitar 53 km dari Kota Malang. Ditempat ini banyak umat Katolik dari berbagai Paroki berdoa, memanjatkan doa syukur ataupun permohonan.


Pada hari Kamis legi dan pada Minggu ketiga di Gua ini diadakan misa. Kamis Legi adalah misa ritual untuk permohonan doa dan Pada minggu Ketiga dalam bulan itu diadakan misa Kerahiman. Para umat yang hadir tidak hanya umat setempat namun juga banyak umat katolik dari paroki lain.

Peresmian tempat ziarah ini dilakukan tanggal 10 Mei 1990. Pada tanggal tersebut, Secara resmi Gua Maria dibuka untuk tempat peziarahan umat Katolik yang tinggal di sekitar lokasi.

Tempat ini berada di atas tanah berjenis padas. Di Gua Maria Sendang Purwaningsih terdapat papan semedi dan palerepan. Palerepan adalah aula untuk bermalam atau bisa juga digunakan untuk mengadakan acara kerohanian. Kaum muda Katolik pun tidak sedikit yang sering melakukan camping rohani disini. Bagi umat atau kaum muda yang ingin mengadakan camping dapat menghubungi Romo Paroki dan penanggung jawab gua ini. Sangat mudah dan pastinya cocok untuk acara pendalaman iman.

GUA MARIA SENDANG PURWANINGSIH
Alamat: Purworejo, Kec.Donomulyo, Kab. Malang (dekat lokasi wisata Pantai Ngliyep, 53 km dari Kota Malang).